Tentang Kami    Contact Us    Twitter    Facebook   

Produk Baru

Penjelasan Pasir Silika/Kwarsa

Jual Zeolit Di Surabaya, Jual Zeolit Murah : 082140002080

Posted by Jual Mangan Zeolit - Ady Water on Minggu, 29 Maret 2015

Jual Zeolit Di Surabaya, Jual Zeolit Murah : 082140002080

Jual Zeolit Di Surabaya, Jual Zeolit Murah : 082140002080

AKTIVASI ZEOLIT
Zeolit terdapat secara alami di permukaan tanah. Saat ini banyak jenis zeolit alam yang  telah ditemukan dan  dikelompokkan berdasarkan  kesamaan  strukturnya. Meskipun  zeolit  sintetis juga telah banyak diproduksi, namun zeolit alam tetap mempunyai  peranan penting karena ketersediaannya yang melimpah di alam, khususnya di Indonesia. Zeolit alam terbentuk dari reaksi antara batuan tufa asam berbutir halus dan bersifat rhyiolitik dengan air pori atau air meteorik.
Agar dapat dimanfaatkan zeolit harus mempunyai spesifikasi tertentu dan berkaitan dengan hal tersebut kualifikasi zeolit ditentukan oleh daya serap, daya tukar kation (KTK), maupun daya katalis. Oleh sebab itu, untuk memperoleh zeolit dengan kemampuan tinggi diperlukan beberapa pengolahan, antara lai:
Tahap Pertama Preparasi
Tahap ini bertujuan untuk memperoleh ukuran produk yang sesuai dengan tujuan penggunaannya. Tahapan preparasi zeolit pertama-tama akan dilakukan pembersihan kotoran yang melekat pada bongkahan batuan zeolit, kemudian tahap penghancuran (crushing), yakni bongkahan batuan zeolit yang berukuran besar dipecah-pecahkan menjadi ukuran yang lebih kecil sehingga mudah dihancurkan di dalam ball mill (alat penggiling).  Tahapan selanjutnya adalah penggerusan (grinding) untuk memperoleh material zeolit yang lebih halus sesuai keperluan. Kemudian dilakukan pengayakan, biasanya menggunakan alat gthe tyker standard screenh untuk mendapatkan material zeolit dengan ukuran mesh tertentu.
Tahap Kedua Aktivasi
Proses ini bertujuan meningkatkan sifat-sifat khusus zeolit dengan cara menghilangkan unsur-unsur pengotor (impurities) dan menguapkan air yang terperangkap dalam pori-pori zeolit. Ada 2 cara yang umum digunakan dalam proses aktivasi zeolit, yaitu aktivasi secara fisik dan secara kimia. Aktivasi secara fisik dilakukan dengan cara pemanasan pada suhu 200-400 derajat Celcius selama 2-3 jam untuk menghilangkan molekul-molekul air yang terperangkap di dalam pori-pori kristal zeolit.
Aktivasi secara kimia melalui proses destruksi dengan menggunakan pereaksi HCl, NaOH atau H2SO4 untuk menghilangkan zat-zat pengotor berupa logam-logam alkali dan alkali tanah serta beberapa jenis logam lainnya yang terdapat di dalam kerangka zeolit.
Tahap Ketiga Modifikasi
Proses modifikasi dimaksudkan untuk mengubah sifat permukaan zeolit alam dengan cara melapiskan polimer organik (sintesis dan alamiah) pada zeolit tersebut. Modifikasi struktur zeolit dapat dilakukan dengan berbagai cara, antara lain: modifikasi melalui proses pertukaran kation (cation exchange), pengadsorpsi molekul-molekul polar, modifikasi kerangka zeolit dan sebagainya.
Secara umum, ada tiga proses aktivasi yang bisa dilakukan terhadap zeolit alam, yaitu aktivasi secara fisis dengan pemanasan, aktivasi secara kimia dengan asam dan aktivasi secara kimia dengan basa. Proses aktivasi dengan panas dapat dilakukan pada suhu antara 200-400 0C selama beberapa jam. Sementara aktivasi dengan  basa  dapat  dilakukan  dengan  larutan  NaOH,  dimana  penurunan rasio Si/Al akan  terjadi  pada  aktivasi  dengan  pH  tinggi. Aktivasi zeolit alam  Turki  dengan  menggunakan  larutan  HCl  pada  berbagai konsentrasi dan suhu memberikan hasil bahwa aktivasi dengan HCl menyebabkan terjadinya  proses  dealuminasi  zeolite.
Dari proses aktivasi zeolit baik secara  asam  maupun  basa,  diperoleh  hasil  bahwa zeolit yang diaktivasi dengan basa akan menjadi lebih polar bila dibandingkan dengan zeolit yang diaktivasi dengan  asam. Perlakuan  dengan  asam  terhadap zeolit juga terbukti akan menyebabkan zeolit menjadi lebih hidrofob sehingga daya adsorpsinya  terhadap air akan  berkurang. Semakin  tinggi konsentrasi asam yang digunakan maka daya adsorpsi zeolit terhadap uap air menjadi semakin kecil.

SHARE :
CB Blogger

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 Jual Mangan Zeolit - Ady Water. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger